Beranda > post



Pengalaman saya membuat blog untuk pertama kalinya



Kali ini saya akan berbagi pengalaman pertama saya membuat blog, saya akan coba menjelaskan bagaimana situs ini dari awal dibuat hingga dapat digunakan, mungkin tulisan ini akan terasa membosankan namun itu wajar karena ini pertama kalinya saya coba membuat tulisan yang cukup panjang.

Hal pertama yang saya pikirkan ketika ingin memulai blog ini adalah membuat perutean seperti halaman utama, penerbitan artikel, dan penanganan artikel. Sekedar info saja kalau blog ini berjalan di lingkungan serverless dan layanan yang saya gunakan semuanya 100% gratis sehingga saya tidak perlu memikirkan biaya dan pengelolaan infrastruktur termasuk maintenance server dan lain-lain. Berikut ini layanan-layanan yang saya gunakan:

Domain: EU.org
DNS: Cloudflare DNS
Hosting & compute: Cloudflare Workers
Database: Cloudflare D1
Version control: GitHub

Setelah melewati tahap dasar saya mulai berpikir untuk menabahkan sitemap secara otomatis yang langsung membaca konten langsung dari database, setelah beberapa trial and error akhirnya dapat saya selesaikan juga. Setelah menyelesaikan artikel ini mungkin saya akan menambah fitur-fitur baru dan membuat situs ini lebih SEO friendly. Oh iya, dari awal pembuatan situs ini hingga artikel ini terbit hanya perlu waktu kurang dari satu minggu, ini merupakan pengalaman saya yang mungkin tak akan pernah bisa dilupakan.

Muhammad Ihsan - https://isan.eu.org